URGENSI PENGELOLAAN PERIKANAN

Opini Dari: Muhammad julianto
Mahasiswa Manajemen sumberdaya perairan UMRAah

Pengelolaan sumberdaya perikanan ialah pendekatan pengendalian upaya penangkapan didasarkan pada hasil tangkapan maksimum agar dapat menjamin kelestarian sumberdaya ikan dan ekosistemnya. Konsep tujuan pengelolaan perikanan adalah pemanfaatan dalam jangka panjang atas sumberdaya perikanan secara berkesinambungan.
Perlukah pengolaan perikanan dilakukan sejak dini?

Dahulu kita sering memanfaatkan berbagai sumberdaya dalam aspek perikanan untuk kehidupan sehari-hari, seperti halnya terjun dalam bisnis perdagangan sumberdaya laut, layaknya menambah nilai sumberdaya dengan pengolahan yg beragam. Namun tahukah Anda, jika dilihat dari keadaan dan situasi saat ini, apakah sumberdaya yg ada di daerah kita akan tetap sebagaimana mestinya, tentu tidak bukan. Kita telah mendengar bahwa begitu banyak kasus tentang berkurangnya populasi ikan dan biota laut lainnya maupun rusaknya ekosistem.

Hal itu biasanya disebabkan oleh penangkapan yg berlebihan, penggunaan alat tangkap yg illegal, dan yg masih kejadian hangat saat ini pencemaran laut yg disebabkan oleh sampah plastic. Siklus itu akan terus berulang, kalau seandainya kita belum mempunyai keasadaran mencintai lingkungan sehingga kita belum ada tindakan mencegah dari hal-hal merusak lingkungan sekitar, dan juga akan menjadi dampak buruk yg besar untuk generasi mendatang.

Adakah langkah untuk memulihkan populasi perikanan dan ekosistem laut?.
Jangan khawatir, ada beberapa perencanaan yg bagus untuk memulai dan memulihkan system pengelolaan. Seperti Aspek berikut.

1. Peningkatan Produksi Ikan
Peningkatan produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya untuk memenuhi kebutuhan domestik dan eksport dan Pengelolaan usaha perikanan secara berkelanjutan.

2. Peningkatan Konsumsi Ikan
Peningkatan sarana dan prasarana pemasaran dalam rangka meningkatkan mutu dan keamanan pangan.

3. Peningkatan Daya Saing Dan Nilai Tambah
Peningkatan mutu produk perikanan dan Pengendalian impor.

4. Pengembangan Ekonomi Kelautan
Pendayagunaan pulau-pulau kecil dan kawasan konservasi untuk meningkatkan keekonomian sd. Kelautan.

5. Pertahanan Keamanan Laut
Meningkatkan koordinasi dan kerjasama pengelolaan wilayah laut dan meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan pengamanan wilayah dari pemanfaatan SDK yang merusak.

6. Tata Kelola Pengaturan tata ruang laut.
7. Pengurangan Dampak Bencana Pesisir Dan Pencemaran Laut, Peningkatan ketahanan masyarakat pesisir terhadap bencana laut dan penanganan pencemaran laut dan Penanaman mangrove di kawasan pesisir yang rusak

8. Sumber Daya Manusia
Meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan dan pengetahuan, terutama terkait dengan peningkatan wawasan bahari dan peningkatan kapasitas masyarakat dengan berorientasi pada permintaan.

9. Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan/masyarakat pesisir.Peningkatan program kehidupan nelayan berbasis usaha perikanan.

Itulah beberapa upaya yg bisa kita lakukan dalam mengelola sumberdaya agar lebih baik, sebagai contoh kita selaku pihak masyarakat juga bisa turut andil dalam menjaga lingkungan laut maupun pesisir dengan cara melakukan penanaman bibit mangrove, supaya agar ekosistem perikanan terjaga habitatnya dan akan menguntungkan perekonomian masyarakat local pesisir, karena adanya sumberdaya perikanan berasal dari ekosistem dan habitat yg bagus.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *