Hari Penutupan PJTD, para peserta PJTD sangat berantusias

Tanjungpinang, Persmakreatif.ac.id – Minggu (31/3), Hari Minggu merupakan hari terakhir bagi peserta PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) menikuti pelatihan. Yang mana ini merupakan kegiatan lanjutan hari sabtu (30/3). Telah nampak wajah-wajah ceria dari peserta PJTD untuk mendengarkan materi-materi yang menarik dari narasumber yang sudah berpengalaman tentunya.

Pemateri pertama di isi oleh Beres Lumbantobing, S.Sos dengan jabatan Pimpinan Redaksi Satu dan juga Demisioner dari UKM Persma Kreatif UMRAH beliau memberikan materi yang berjudul “Kode Etik Jurnalistik”. Yang mana dijelaskan bahwa untuk menjadi jurnalistik profesional harus berpedoman dengan kode etik jurnalistik.

Selanjutnya tak kalah menariknya pemateri yang diundang dari media Inilah Kepri, yaitu Andri Mediansyah, S. Kom. Beliau mengajarkan tata cara pengambilan foto yang baik. Ia pernah menjuari berbagai lomba Fotografer. “Foto yang baik adalah foto yang lengkap dengan caption” Ucapnya. Prestasi-prestasi yang di raih beliau membuat semua peserta PJTD termotivasi dan lebih giat untuk belajar dan menekuninya. Satu kalimat yang dilontarkan beliau yang menjadi cambukan keras buat peserta PJTD adalah “Jika ingin sukses, Maka Mulailah,” ujarnya dalam memberikan materi.

Pemateri yang terakhir yaitu Jailani juga merupakan dari Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang memberikan materi yang berjudul “Menangkal Berita Hoax”. Beliau mengajarkan ciri-ciri berita hoax dan menghimbau kepada semua peserta PJTD untuk lebih cerdas dalam menyaring berita-berita yang beredar.

Setelah terselesainya semua materi, ini yang paling ditunggu-tunggu dari seluruh peserta PJTD, panitia mengumumkan peserta yang teraktif selama mengikuti kegiatan PJTD ini. Dan peserta teraktif itu dipegang oleh Zainab dan panitia pun memberikan cendra mata kepada peserta teraktif tersebut.

“Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini merupakan pelatihan yang sangat bermanfaat mengapa demikian, karena pelatihan ini menambah wawasan bagi wartawan pemula. Disini kami diajarkan bagaimana kita menjadi seorang wartawan yang baik,” ungkap Yuliana DS salah satu perserta PJTD.

Hingga berakhir nya PJTD tersebut Harapanya semoga dipenghujung bulan maret ini seluruh peserta PJTD bisa meningkatkan kreatifitas dan kualitas sebagai penulis yang hebat. (Zainab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *