corak mahasiswa di kota tanjungpinang

Hasil gambar untuk mahasiswaMahasiswa adalah orang yang belajar di Perguruan Tinggi (satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan dapat berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, atau universitas). Dari sekian ribu presepsi mahasiswa di kota Tanjungpinang ada yang menyebut mahasiswa  adalah salah satu motor kemajuan Negara, kemajuan suatu bangsa dan lain sebagainya. Yang pasti mahasiswa adalah generasi yang masih belajar dengan tujuan masa depan yang lebih baik. Memang motivasi mahasiswa untuk kuliah berbeda-beda tetapi terlepas dari kelemahan dan keburukan oknum setiap mahasiswa, kita bisa melihat bahwa secara umum dalam diri mahasiswa ada kekuatan tersendiri yaitu mahasiswa masih teguh dalam hal berprinsip dan idealis, semangatnya masih membara, rasa ingin tahu yang tinggi, tuntutan yang tinggi dan kritis, serta energi dan pemikiran yang masih segar.

Berdasarkan pengamatan saya terhadap gaya hidup mahasiswa di kota Tanjungpinang, maka saya melihat beberapa corak (tipe) mahasiswa di kota Tanjungpinang, yaitu:

  1. Tipe Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah akronim dari Kuliah pulang-kuliah pulang. Mahasiswa tipe ini datang kuliah kemudian setelah dapat waktunya pulang maka mahasiswa pulang begitu saja. Mereka sangat rajin kuliah, jarang absen dan nilai mereka aman serta perolehan IP (Indeks Prestasi) selalu tinggi tetapi mereka kurang memperhatikan masalah sosial yang ada di lingkungannya. Kelebihannya adalah mereka sangat fokus kuliah tapi kelemahannya adalah wawasan mereka tidak terlalu luas dan disisi lain mahasiswa seperti ini gak jelas arah dan tujuan nya.

  1. Tipe Kunang-kunang

Kunang-kunang adalah singkatan dari Kuliah nongkrong-kuliah nongkrong. Tipe ini adalah mahasiwa yang sangat suka menongkrong bersama teman-temannya. Mahasiswa seperti ini akan sering terlihat di kantin, kedai kopi, dan lain-lain. Mereka sering berlama-lama bercerita di suatu tempat. Kelebihannya adalah mereka mempunyai banyak teman dan merasa hidup santai namun kelemahannya adalah waktu perkuliahan mereka terkadang terlalaikan.

  1. Tipe Kura-kura

Kura-kura adalah adalah singkatan dari Kuliah rapat-kuliah rapat. Tipe ini adalah mahasiswa yang menyibukkan diri dengan berbagai organisasi sehingga waktu mereka banyak tersita untuk mengikuti rapat-rapat, mereka jeli untuk melihat masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya dan cenderung mencampuri polemik yang sedang terjadi. Kelebihannya adalah mereka mempunyai wawasan dan pengalaman yang cukup luas dan mereka mempunyai kemampuan khusus dalam berorganisasi, berdiskusi, melobi, membangun jaringan kerja, sedangkan kekurangannya adalah mereka terkadang lupa menyisihkan waktu untuk mengurus diri sendiri.

  1. Tipe Capung

Capung adalah singkatan Cari pinjaman utang, tipe seperti ini adalah mahasiswa yang terlalu boros sehingga uang yang diberikan oleh orangtuanya selalu kurang dan ia harus berusaha untuk meminjam uang temannya atau orang lain untuk menutupi banyaknya keinginan-keinginannya yang harus dibeli. Orang yang bertipe capung akan merasa senang ketika keinginannya terpenuhi namun kekurangannya ialah ia akan kecanduan untuk menghambur-hamburkan uang.

  1. Tipe Kumbang

Kumbang adalah singkatan dari Kemanapun bimbang, tipe ini biasanya ada pada mahasiswa yang tidak berpendirian. Mereka sering bimbang ketika menentukan suatu pilihan. Mahasiswa seperti ini sering ikut-ikutan kemanapun temannya pergi, namun mereka tetap bimbang dan gelisah.

  1. Tipe Kelabang

Kelabang adalah singkatan dari Keliaran bangga, corak ini mudah kita temukan diantara mahasiswa karena banyak mahasiswa yang mempunyai gaya hidup berkeliaran setiap waktu. Biasanya mahasiswa seperti ini sering belanja ke pusat perbelanjaan, jalan-jalan ke tempat rekreasi, kafe, dan berbagai tempat lain.

  1. Tipe Lalat

Lalat adalah singkatan dari Selalu telat. Pada tipe ini mahasiswa sangat sering terlambat. Mahasiswa tipe ini biasanya selalu terlambat datang ke kampus atau masuk ke kelas, mengumpulkan tugas, mendapatkan informasi, dan lama menyelesaikan proses perkuliahan atau yang kerap disebut mapala (mahasiswa paling lama) .

  1. Tipe Nyamuk

Nyamuk adalah singkatan dari Nyari muka (mencari muka), biasanya tipe mahasiswa seperti ini mudah kita jumpai dan kebiasaannya adalah mencari muka, menyodorkan diri sendiri secara berlebihan kepada dosen atau orang lain, bahkan terkadang tipe seperti ini mau menjatuhkan citra orang lain hanya untuk menonjolkan diri sendiri. Tipe ini biasanya disebut penjilat.

  1. Tipe Kuda

Kuda adalah singkatan dari Kuliah dagang. Tipe mahasiswa ini melakukan kuliah dan berdagang. Mereka biasanya berusaha menghasilkan uang dengan usaha-usaha seperti menjual makanan, minuman, pulsa, barang-barang second, alat elektronik, bahan kosmetik, dll. Mereka mempunyai niat untuk berbisnis, bekerja keras, dan mandiri, namun resikonya adalah apabila mereka lebih menyukai bisnisnya daripada perkuliahannya.

  1. Tipe Kudeta

Kudeta adalah singkatan dari Kuliah demonstrasi, tipe ini ditujukan kepada mahasiswa yang sering melakukan demontrasi, mereka sering mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah atau apa pun yang dianggap salah. Di satu sisi, demonstrasi yang dilakukan adalah wajar karena negara kita adalah negara demokrasi dan apa yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk memperjuangkan keadilan rakyat, namun hal yang tidak baik adalah aksi yang sampai kepada tindakan anarkis dan merusak fasilitas yang ada. Mahasiswa yang ideal dan sebagai akademisi juga bisa menyampaikan aspirasi melalui pemikiran-pemikiran yang ilmiah.

  1. Tipe Kuper

Kuper adalah singkatan dari Kuliah perpustakaan. Tipe mahasiswa seperti ini adalah orang yang sangat rajin ke perpustakaan untuk membaca buku, menambah pengetahuan baru dan mengerjakan tugas. Mereka mempunyai prinsip “Setiap waktu luang adalah ke perpustakaan.” Tipe ini adalah bagus dan biasanya mereka adalah orang pintar, namun terkadang mereka tidak mempunyai waktu untuk berteman, dan sering juga disebut kurang pergaulan.

  1. Kuker

Kuker adalah singkatan dari Kuliah kerja. Selain kuliah mahasiswa seperti ini melakukan pekerjaan. Tipe ini mempunyai sedikit sama dengan tipe kuda, namun pekerjaan dalam tipe ini lebih luas. Mereka harus membagi waktu untuk perkuliahan dan pekerjaan. Beberapa motivasi mereka adalah untuk membiayai perkuliahan sendiri dan menambah uang.

By:Yosua situmorang (IAN)

Editor: budi prasetyo(IP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *